Senin, 22 Januari 2018

Mengenal Ciri Ciri, Penyebab, Gejala dan Bahaya Penyakit Asam Urat

Mengenal Ciri Ciri, Penyebab, Gejala dan Bahaya Penyakit Asam Urat,- Asam urat sudah menjadi satu penyakit yang paling bayak terjadi pada orang lanjut usia, namun sekarang banyak orang dewasa yang masuk ke usia pertengahan telah merasakan beberapa gejala asam urat. 

Mengenal Ciri Ciri, Penyebab, Gejala dan Bahaya Penyakit Asam Urat
Mengenal Ciri Ciri, Penyebab, Gejala dan Bahaya Penyakit Asam Urat

Asam Urat adalah kondisi di mana terjadinya penumpukan asam urat di dalam tubuh dan menyebabkan asam urat. Asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada dalam sel sel tubuh. Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan beberapa gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Pada laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Gejala Asam Urat

Penyakit ini umumnya di ikuti oleh gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Ciri Ciri Asam Urat

Nyeri Sendi Kaki 

Apabila merasakan bagian sendi kaki tiba tiba terasa nyeri maka merupakan indikasi terkena asam urat. Sendi kaki terasa panas, lemah, dan tidak nyaman bergerak.

Kaki Seperti Terbakar

kadar asam urat yang sangat tinggi dalam darah bisa menyebabkan kaki terasa sangat panas seperti terbakar. Rasa panas ini biasanya mulai dari jempol kaki lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Persendian Bengkak

Persendian yang bengkak ini di sebabkab oleh adanya penumpukan asam urat pada bagiansendi. Awalnya asam urat yang menumpuk di darah mengalir dan menumpuk di sendi.

Sendi Terasa Kaku

Apabila telah lama menderita asam urat biasanya sendi akan terasa kaku dan sakit. Hal ini sangat berbahaya jika tidak di tangani dengan baik, karena akan berpotensi sendi mati dan kelumpuhan.

Lebih Mudah Emosi

Karena kondisi tubuh khususnya bagian persendian yang tidak nyaman menyebabkan penderita asam urat menjadi mudah emosi.

Sendi Memerah 

Sendi Memerah di sebabkan oleh rasa panas terbakar yang ada pada sendi yang memiliki banyak tumpukan asam urat.

Susah Tidur

Susah tidur di sebabkan oleh banyaknya gangguan persendian yang di alami oleh penderita. Akibat tubuh tidak rileks dan sulit sekali untuk tidur.

Sendi Tdak Bisa Bergerak

Sendi yang tidak bisa bergerak dengan bebas. jika tidak ada perawatan secara khusus, sendi yang awalnya bisa bergerak bisa mengalami kelumpuhan.

Berikut beberapa bahaya asam urat yang disarankan untuk dihindari.
  • Tophi
  • Batu ginjal
  • Kerusakan sendi
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit jantung
  • Diabetes
  • Kurang tidur
  • Cacat
  • Emosi dan psikologi

Dengan berbagai bahaya yang ditimbulkan, maka anda perlu memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat agar bisa terhindar dari masalah kesehatan yang dapat timbul dari asam urat yang tinggi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Ciri Ciri, Penyebab, Gejala dan Bahaya Penyakit Asam Urat

Mengenal Ciri Ciri, Penyebab, Gejala dan Bahaya Penyakit Asam Urat ,- Asam urat sudah menjadi satu penyakit yang paling bayak terjadi pada ...